5 Modifikasi Kendaraan Bermotor di Indonesia yang Bikin Anda Heran

5 Modifikasi Kendaraan Bermotor di Indonesia yang Bikin Anda Heran
5 Modifikasi Kendaraan Bermotor di Indonesia yang Bikin Anda Heran

Indonesia memiliki banyak jenis kendaraan bermotor, mulai dari motor hingga truk besar. Setiap kendaraan memiliki fungsinya. Biasanya untuk menunjang fungsinya agar semakin nyaman pemilik kendaraan akan melakukan modifikasi kendaraan miliknya. Beberapa tren modifikasi kendaraan bermotor di Indonesia  kadang bikin membuat Anda sendiri heran. Berikut contohnya.

1. Mengganti Lampu Rem dengan Warna Lain

Lampu rem setiap kendaraan pasti berwarna merah. Warna tersebut merupakan standar internasional untuk digunakan pada kendaraan bermotor. Anda kadang melihat orang lain memodifikasi kendaraan bermotornya dengan mengganti lampu rem dengan warna lain. Tentu hal ini melanggar aturan yang sudah ada. Perubahan tersebut bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

2. Klakson dengan Suara Sangat Kencang

Fungsi klakson pada kendaraan sebagai komunikasi pengendara ke lingkungan sekitarnya. Bisa untuk memperingatkan sesama pengguna jalan atau sebagai tanda suara. Modifikasi di Indonesia sering sekali mengganti dengan suara yang tidak sesuai standarnya. Secara tidak langsung hal ini sebagai pencemaran suara yang bisa mengganggu pengguna jalan.

3. Menambah Lampu Utama 

Kendaraan bermotor dilengkapi beberapa lampu seperti lampu rem, lampu sen, lampu utama dan lampu mundur. Lampu utama berfungsi memberikan penerangan saat pengemudi berkendara pada keadaan kurang cahaya. Aturan lampu utama kendaraan berwarna kuning. Tidak sedikit orang yang menambah lampu utama atau menggantinya dan mengganggu pandangan pengendara lain.

4. Ukuran Ban yang Tidak Sesuai

Ban memiliki fungsi sebagai pelindung velg dan mengurangi gaya gesek pada tanah, sehingga kendaraan lebih mudah berjalan. Setiap kendaraan sudah dilengkapi dengan ukuran ban yang cocok dengan jenis mobilnya. Modifikasi yang dianjurkan juga telah sesuai dengan standar. Masih saja bisa ditemui kendaraan dengan ukuran ban tidak sesuai yang bisa membahayakan pengemudi.

5. Knalpot yang Berisik

Komponen modifikasi selanjutnya yaitu pada knalpot. Komponen saluran pembuangan udara pada kendaraan bermotor ini sering dilakukan modifikasi. Tujuannya agar menambah akselerasi dari kendaraan. Pengguna nakal justru mengganti knalpot yang tidak sesuai standar. Bukan akselerasi yang didapat, justru polusi suara yang muncul dan mengganggu lingkungan sekitar.

Beberapa modifikasi kendaraan bermotor ini sering Anda temukan di Indonesia. Kebebasan berekspresi itu penting, namun apabila bisa membahayakan pengguna jalan lain tentu hal ini tidak bisa dibiarkan. Aparat penegak hukum yang berwenang untuk mengatur aturan modifikasi yang sesuai keamanan Indonesia.