Sering Diabaikan, Inilah Manfaat Kulit Ari Salak bagi Kesehatan

Sering Diabaikan, Inilah Manfaat Kulit Ari Salak bagi Kesehatan

Sering Diabaikan, Inilah Manfaat Kulit Ari Salak bagi Kesehatan

Selain rasa buahnya yang nikmat, kulit ari salak juga memiliki banyak manfaat. Namun sangat disayangkan banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat kulit ari salak bagi kesehatan sehingga mereka sering membuang kulit ari tersebut dibanding memakannya. Berikut manfaat-manfaat yang didapat seseorang ketika mengonsumsi salak beserta kulit arinya.   
Melancarkan Sistem Pencernaan
Banyak masyarakat menganggap bahwa mengonsumsi buah salak dapat menyebabkan sembelit. Hal itu terjadi apabila seseorang memakan buah salak tanpa kulit arinya. Kulit ari salak banyak mengandung serat, dan serat inilah yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan lancarnya sistem pencernaan, maka Anda akan terbebas dari sembelit.
Dengan adanya kandungan serat yang cukup tinggi, maka Anda yang sedang menderita penyakit tifus tidak diperkenankan mengonsumsi salak. Hal serupa terjadi bagi Anda yang sedang melakukan diet rendah serat.
Mencegah dan Mengobati Sariawan   
Kandungan vitamin C yang tinggi menjadikan salak sebagai salah satu buah yang dapat mencegah dan mengurangi rasa sakit akibat sariawan. Sakit ini dapat meliputi bibir pecah-pecah, mulut kering, sakit tenggorokan, dll. Jika terdapat kotoran yang menempel pada kulit ari, cukup bersihkan bagian yang kotor tanpa membuang kulit arinya.
Menjaga Kesehatan Mata
Selain tinggi serat dan vitamin C, kulit ari salak ternyata juga mengandung betakaroten dan vitamin A yang tinggi. Menurut Pusat litbang Gizi dan Makanan Departemen Kesehatan, setiap 100 gram salak mengandung betakaroten sebanyak 5,5 kali lebih tinggi dibanding mangga dan tiga kali lebih tinggi dibanding jambu biji.

Seperti diketahui bahwa vitamin A dan betakaroten sangat baik untuk memelihara kesehatan mata agar terhindar dari penyakit. Dengan mengonsumsi salak beserta kulit arinya, kita akan mendapatkan manfaat yang optimal. Bagi Anda yang tidak suka wortel, salak bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. 

Demikian manfaat kulit ari salak bagi kesehatan yang jarang diperhatikan oleh sebagian orang. Bagi Anda yang sebelumnya sering membuang kulit tipis ini sebelum memakan salak, sangat dianjurkan agar Anda tidak membuangnya. Siapa sangka hal-hal kecil yang sering tidak kita perhatikan dapat membantu kita dalam menjaga tubuh tetap sehat.