Tips Menata Barang Bawaan di Totebag agar Tidak Kepenuhan

 Saat jalan-jalan ke Mall, apa yang Anda bawa? Bersantai di Mall adalah refreshing yang menyenangkan. Anda bisa belanja di supermarket atau menyesap soda di foodcourt. Sebaiknya, tak usah bawa banyak barang di dalam totebag Anda, agar tidak berat membawanya. Tas yang terlalu besar juga merepotkan saat akan dititipkan. Ini cara menata barang bawaan dalam tas.

1.      Bawa Barang yang Diperlukan

Sebelum pergi, apa Anda memeriksa bagian dalam tas jinjing? Jangan terlalu banyak membawa barang, karena Anda akan berjalan-jalan, bukan pindah rumah! Barang yang wajib dibawa dalam tas adalah uang, dompet beserta kartu identitas, kartu ATM, dan handphone. Bawa juga tisu basah dan tisu tangan untuk mengelap tangan. Simpan hp dan dompet dalam kantong dalam tas.
Bawalah peralatan rias secukupnya, seperti bedak tabur dan lipgloss, jadi setelah mencuci muka Anda bisa merias ulang wajah. Jangan membawa parfum karena botolnya terlalu berat. Jika ingin membawa wewangian, pindahkan sedikit cairan parfum ke dalam botol plastik kecil yang memiliki semprotan.

2. Bawa Kantong Plastik dan Kresek

Untuk berjaga-jaga, bawalah sehelai kantong plastik dan kresek. Jika Anda makan di foodcourt dan tidak menghabiskan makanan itu karena porsinya terlalu besar, simpan dalam kantong plastik, sehingga Anda bisa memakannya lagi di rumah. Saat berbelanja di supermarket, simpan barang belanjaan di dalam kresek yang Anda bawa sendiri, untuk meminimalisir sampah plastik.

3. Buang Sampah dalam Totebag

Sebelum memasukkan barang-barang dalam tas, keluarkan terlebih dahulu seluruh isi tas, periksa juga kantong dalamnya. Buanglah semua sampah berupa bungkus makanan dan struk belanja. Tas akan terasa lebih enteng dan juga bersih. Lain kali, jangan selipkan sampah dalam tas. Jika terpaksa, bungkus sampah ke dalam kresek sebelum dimasukkan ke dalam tas.

4. Bawa Payung Lipat

Saat musim hujan, tentu Anda butuh payung agar tidak terkena air. Walau bukan musim hujan, tetap bawa payung, karena Anda membutuhkannya untuk melindungi kulit dari sinar matahari, saat melintasi parkiran. Bawalah payung lipat yang ukurannya kecil dan praktis dibawa kemana-mana.

5. Pisahkan Barang Bawaan Dalam Kantong Tas

Tas jinjing biasanya memiliki banyak kantong di dalam tas, ada juga yang punya kantong luar. Pisahkan barang bawaan dalam kantong yang berbeda. Misalnya, untuk uang dan tiket parkir, simpan dalam kantong luar. Handphone bisa dimasukkan dalam kantong dalam tas, agar tidak bergesekan dengan benda lain yang bisa merusak layarnya.
Uang dan dompet bisa Anda simpan dalam kantong tas yang memiliki resleting, jadi lebih aman dari copet, sementara tisu bisa disimpan dalam tas begitu saja, tidak di dalam kantongnya. Jika anda berkacamata, saat tidak dipakai, simpan kacamata dalam kotak khusus, sehingga lensanya tidak mudah pecah.

6. Simpan Benda yang Besar dalam Tas Lain

Apakah Anda berbelanja boneka atau sandal berukuran besar? Jika tas jinjing yang Anda bawa ukurannya mungil, jangan paksa untuk memasukkan belanjaan itu dalam tas. Nanti resletingnya bisa rusak dan tas kesayangan tidak bisa dipakai lagi. Taruhlah belanjaan di tas plastik atau tas kertas. Jangan karena alasan praktis, Anda menjejalkan belanjaan ke dalam tas jinjing.
Totebag memang cantik dan bisa memuat banyak barang bawaan, namun jangan bawa semua barang saat akan jalan-jalan. Tas yang kepenuhan bisa jebol dan susah diperbaiki. Bawalah barang yang diperlukan saja saat akan pergi, misalnya uang, dompet, hp, dan tisu. Buanglah sampah, tisu kotor, dan struk belanja, agar tas bersih dan tidak penuh sesak.