4 Cara Mudah menggunakan Asuransi Kesehatan Cashless


Klaim asuransi kesehatan cashless merupakan kegiatan yang bisa dilakukan dengan menggunakan kartu. Jenis asuransi ini berlaku untuk semua jenis rumah sakit atau klinik yang bekerja sama dengan pihak asuransi. Berikut ini cara menggunakannya agar tidak terjadi kesalahan.

1. Datang ke Jaringan Rumah Sakit

Anda yang memiliki kartu asuransi membawa kartu tersebut dengan kartu identitas KTP ke rumah sakit yang bekerja sama. Anda bisa mengetahui daftar rumah sakit atau klinik yang bekerja sama di awal pendaftaran menjadi peserta.

Infromasi ini bisa juga diketahui dengan menanyakan ke bagian pelayanan asuransi. Jika Anda menggunakan asuransi ini ke rumah sakit dan klinik yang tidak bekerja sama, maka tidak akan berlaku. Maka dari itu pastikan dengan benar data tentang status kerja samanya.

2. Berikan Kartu Cashless

Begitu Anda sampai langsunglah menuju bagian administrasi dan berikan kartu cashless asuransi Allianz yang dimiliki. Sekaligus dengan KTP. Maka jangan sampai ada perbedaan data antara KTP dengan kartu asuransi Anda. Pihak administrasi rumah sakit akan melakukan verifikasi data dan juga mengecek biaya plafon yang akan ditanggung oleh pihak asuransi.
Data yang diterima pihak administrasi akan sesuai dengan data hak yang Anda miliki untuk setiap perawatan yang dilakukan oleh rumah sakit. Setelah itu petugas administrasi akan memberikan Anda surat untuk ditandangani sebagai salah satu formalitas. Anda bisa mula dirawat dengan hak pelayanan yang dimiliki.

3. Mendapatkan Pelayanan

Anda akan mendapatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika memerlukan rawat inap Anda akan mendapatkannya. Pelayanan yang diberikan ini sudah dilakukan konfirmasi biaya dari pihak rumah sakit ke pihak asuransi kesehatan cashless  yang dimiliki.

Anda akan dimintai mengisi beberapa berkas formalitas agar proses pelayanan bisa didapatkan dengan utuh. Total biaya nantinya akan tertera pada formulir yang diberikan. Jika terjadi kelebihan biaya selama perawatan nantinya Anda akan diminta melakukan pembayaran selisih.

Proses pembayaran dilakukan setelah mendapatkan konfirmasi dari pihak asuransi. Setelah itu Anda perlu melakukan pembayaran, baru diperbolehkan untuk pulang. Anda tidak akan diizinkan pulang jika belum melakukan pembayaran sampai lunas.

Salah satu cara untuk mencegah agar tidak terjadi selisih pembayaran penting untuk Anda mengetahui plafon pertanggungan yang akan didapatkan. Biasanya hal ini disampaikan di awal saat pertama sekali melakukan kesepakatan dengan pihak asuransi kesehatan Allianz.

Jika pelayanan yang dibutuhkan adalah rawat jalan maka pertanggungannya akan disesuaikan dengan hal dari polis yang terdaftar. Jumlah obat atau pemeriksaan yang akan dilakukan akan menyesuaikan. Biasanya untuk pelayanan rawat jalan tidak akan terkena selisih pembayaran selama Anda menerima jenis obat yang telah diberikan.

Pelayanan dengan menggunakan cashless akan lebih mudah didapatkan dibandingkan Anda menggunakan jenis asuransi manual. Anda tidak perlu melakukan pengurusan klaim karena akan dikerjakan oleh pihak rumah sakit cukup dengan mendapatkan nomor kartu.

4. Pulang Mengambil Kartu

Saat akan pulang nantinya jangan sampai Anda meninggalkan kartu dan identitas yang telah digunakan. Pastikan Anda sudah mengambilnya kembali agar tidak terjadi kekeliruan. Ikuti prosedur selanjutnya dari rumah sakit untuk kontrol lanjutan jika diperlukan. Biaya akan kembali dihitung dari nol.

Ini langkah dari penggunaan asuransi kesehatan cashless yang sangat membantu Anda dalam mendapatkan pengobatan. Tidak perlu ragu untuk menggunakan asuransi Allianz sebagai pilihan asuransi dengan cashless. Anda bisa melakukan pendaftaran dan memilih program yang diinginkan. Berbagai informasi asuransi yang dibutuhkan ada di website Allianz.co.id.